Rencana Pelaksanaaan Pembelajaran (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Wonogiri
Tema / Mata pelajaran : Teks Anekdot / Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / Satu
Waktu : 1x pertemuan
Hari : Kamis, 23 Desember 2015
- Kompetensi Inti
- Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
- Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksai secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan, faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dangan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
- Kompetensi Dasar dan Indikator
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulisan melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.2 Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indoesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.2 Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator:
- Siswa dapat menjelaskan teks anekdot dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur dalam teks anekdot.
- Siswa dapat membedakan antara teks anekdot dengan teks lainnya.
4.2 Memproduksi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
Indikator:
- Siswa dapat memberikan contoh teks anekdot yang ada dalam media massa.
- Siswa dapat berdialog dengan menggunakan teks anekdot.
- Siswa dapat membuat teks anekdot.
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa selama dan setelah proses pembelajaran.
- Selama dan setelah proses pembelajaran siswa memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, disiplin dan proaktif dalam mempelajari teks anekdot.
- Siswa dapat menjelaskan teks anekdot dengan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
- Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam teks anekdot.
- Siswa dapat membedakan antara teks anekdot dengan jenis teks
- Materi Pembelajaran
- Membaca Teks “KUHP dalam Anekdot”
- Mencari Unsur Teks Anekdot
- Membedah Struktur Teks Anekdot
- Membaca Teks “Anekdot Hukum Peradilan”
- Membuat Dialog Berbentuk Teks “Anekdot Hukum Peradilan’’
- Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
- Media : Video berdialog dengan teks anekdot dan buku siswa
- Alat/bahan : Buku, proyektor, papan tulis dan laptop
- Sumber: http://kompasiana.com/2009/11/30/anekdot-peradilan-20551.html
http://fuadusfa4.blogspot.com/2010/02/anekdot-hukum.html
http://www.golddinarjameela.com/2012/03/ber-muammalah-dengan-timbangan-yang.html
http://arje.blog.esaunggul.ac.id/anekdot-politisi-blusukan-banjir/
http://www.anekdot.web.id/_g.php?_g=_lhti_forum&Bid=2925
- Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Strategi: Active learning
Metode: Jigsaw
- Langkah- langkah Pembelajaran
Fase | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
Pendahuluan | a. Guru mangucapkan salam, memimpin doa, melakukan presensi dan mengkondisikan kelas
b. Guru memberikan kata-kata motivasi untuk menbangkitkan semangat belajar siswa c. Guru menanyakan kepada siswa tentang teks anekdot. d. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit |
Kegiatan Inti | a. Secara individu siswa mengamati teks anekdot yang diberikan oleh guru
b. Siswa mendiskripsikan unsur-unsur teks anekdot kemudian mendiskusikan dengan teman sekelas c. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat dalam teks anekdot, kemudian salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada keompok lain secara bergiliran
|
55 menit |
Penutup | a. Siswa menyimpulkan hasil pembelajaran bersama guru
b. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan c. Siswa mengevaluasi hasil pembelajaran bersama guru d. Siswa menyimak informasi mengenai rencana pembelajaran selanjutnya
|
15 menit |
- Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Teknik Penilaian | Waktu Penilaian |
1. | Sikap
a. Terlibat aktif dalam pembelajaran mengenai teks anekdot. b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok. c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. |
Pengamatan |
Selama pembelajaran dan saat diskusi |
2. | Pengetahuan
a. Siswa dapat menjelaskan teks anekdot dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. b. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur dalam teks anekdot. c. Siswa dapat membedakan antara teks anekdot dengan teks lainnya.
|
Pengamatan dan tes |
Penyelesaian tugas individu |
3.
|
Keterampilan
a. Siswa dapat memberikan contoh teks anekdot yang ada dalam media massa. b. Siswa dapat berdialog dengan menggunakan teks anekdot.
c. Siswa dapat membuat teks anekdot. |
Latihan membuat teks anekdot dan berdialog menggunakan teks anekdot |
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi |
Surakarta,……………………
Kepala Sekolah Guru
(…………………………) (…………
Lampiran 2
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran :……………………………………………………………………………………..
Kelas/Semester :……………………………………………………………………………………..
Tahun Ajaran :……………………………………………………………………………………….
Waktu Pengamatan: ………………………………………………………………………………..
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No. | Nama Siswa | Penggunaan Diksi | Keefektifan Kalimat | Kesesuaian konteks | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | |||||||||||||
2. | |||||||||||||
3 | |||||||||||||
4 | |||||||||||||
5 |
Keterangan
- = kurang
- = sedang
- = baik
- = sangat baik
MATERI
- Pengertian Teks Anekdot
Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari seseorang. Teks Anekdot bertujuan untung menghibur pembacanya. Teks Anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa – peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, melainkan juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum.
- Struktur Teks Anekdot
Teks Anekdot memiliki 5 struktur, diantaranya
- Abstraksi, adalah bagian awal paragraf yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks. Biasanya menunjukkan hak yang unik
- Orientasi, adalah bagian yang menunjukkan awal cerita atau latar belakang peristiwa itu terjadi
- Krisis, adalah bagian dimana hal yang menarik ataupun hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita
- Reaksi, adalah bagian bagaimana cara penulis atau tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis
- Koda, adalah bagian dari akhir cerita. Bagian ini dapat berisi kesimpilan mengenai kejadian yang terjadi pada tokoh cerita
Teks anekdot”KUHP dalam ANEKDOT
Seorang dosen fakultas hukum suatu Universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
Saat sesi tanya jawab tiba, Ali kami bertanya kepada Pak dosen.”Apa kepanjangan KUHP, pak?” Pak dosen tidak mejawab sendiri, melainkan melemparkannya pada Ahmad. “Saudara ahmad, coba di jawab pertanyaan Saudara Ali tadi”, pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, Kasih Uang Habis Perkara, Pak……..!!”
Mahasiswa lain tentu tertawa, sedang Pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tau jawaban itu?” dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawab dengan tegas, “peribahasa inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak…..! “Semua mahasiswa di kelas itu tercenggang. Mereka berpandang-pandangan lalu mereka tertawa terbahak-bahak.
Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.
Sumber : Kemendikbud.2013.Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik.Jakarta: Kemendikbud
Soal Latihan
- Apa pengertian dari teks anekdot?
- Jelaskan isi dari teks anekdot yang berjudul “KUHP dalam Anekdot” diatas!
- Unsur apa saja yang terdapat dalam teks anekdot?
Dari teks KUHP di atas di tujukan pada siapa sindiran
1.Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari seseorang.
2, isi dari materi diatas adalah seorang guru yang menanyakan tentang kepanhangan dari KHUHP akan tetapi siswanya tidak menjawab dengan benar
3. Abstraksi, Orientasi, Krisis,Reaksi, Koda,
LikeLike
Saya akan mencoba menjawab soal di atas.
1. Anekdot adalah ah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari seseorang. Teks Anekdot bertujuan untung menghibur pembacanya.
2. Berupa sindiran terhadap hukum di Indonesia. Bahwasanya hukum dapat dibeli.
3. Abstraksi, Orientasi, krisis, reaksi, koda.
LikeLike
1. Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari seseorang. Teks Anekdot bertujuan untung menghibur pembacanya. Teks Anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa – peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, melainkan juga berisi tentang ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum.
2. isi dari teks anekdot yang berjudul KUHP diatas berisi tentang pengertian serta kepanjangan dari KUHP yang mana setiap mahasiswa memiliki arti kepanjangan sendiri-sendiri tentang kepanjangan KUHP.
3.
Abstraksi : Pembukaan/gambaran umum
Orientasi : Latar belakang peristiwa
Krisis : Masalah
Reaksi : Penyelesaian masalah
Koda : Kesimpulan
LikeLike
NAMA : Aswa Tamkinati Putri
NIM : A310130064 / Kelas B
1. Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan pengalaman dari seseorang
2. BELAJAR DARI PENGALAMAN TAPI TIDAK SEMUA PENGALAMAN DAPAT DIJADIKAN PELAJARAN : D
3.
Abstraksi, adalah bagian awal paragraf yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks. Biasanya menunjukkan hak yang unik
Orientasi, adalah bagian yang menunjukkan awal cerita atau latar belakang peristiwa itu terjadi
Krisis, adalah bagian dimana hal yang menarik ataupun hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita
Reaksi, adalah bagian bagaimana cara penulis atau tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis
Koda, adalah bagian dari akhir cerita. Bagian ini dapat berisi kesimpilan mengenai kejadian yang terjadi pada tokoh cerita
LikeLike